Oleh: saneslogam | September 24, 2010

Unsur Non Logam

Unsur-unsur Non Logam dalam Tabel Periodik :
1.Unsur-unsur Gas Mulia
2.Hidrogen
3.Oksigen
4.Nitrogen
5.Sulfur
6.Fosfor
7.Halogen
8.Karbon

1.GAS MULIA

  • Terletak di bagian paling kanan dalam tabel periodik.
  • kurang reaktif di antara semua unsur.
  • Xenon(Xe) dan kripton (Kr)bereaksi dengan unsur  yang elektronegativitasnya tinggi, karena energi ionisasinya rendah dan jari-jari atomnya lebih besar dibanding gas mulia yang lain.
  • He dan Ar, digunakan untuk campuran bahan pengisi bola lampu pada cahaya neon

2. Hidrogen

a.Sifat: gas tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa

b.Kegunaan:
1. proses Haber-Bosch
2. pada hidrogenasi minyak, detergen, plastik, dan kimia organik.

Senyawaan hidrogen:

1.Senyawa biner hidrogen yaitu hidrida, dapat terjadi dengan semua unsur, kecuali dengan unsur-unsur gas mulia.
2.Dapat membentuk ikatan hidrogen dengan unsur-unsur yang elektronegatif (F, O, dan N).

3. Oksigen

1.Gas O2 tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa
2.Oksigen mempunyai 3 isotop
3.Friestly (1733 -1804), membuat O2 dari HgO dengan bantuan pemanasan.
4.Secara komersial O2 dibuat dengan destilasi dari udara.



Responses

  1. Halow .
    Ini Naqi dari isolution3.wordpress.com
    mau kasih tau aja kalo yang tulisan pojok kanan atas here is [chem-is-try.4life.com] yang di kurungin tuh linknya emang beneran ada . jadi mendingan di ganti🙂
    Keep up the good work brother !!

  2. hmmm…gituuuu…
    request dong…kalo pake gambar lebih menarik deh…sama penjelasannya lebih lengkap lagi

    • iya trims masukannya..

  3. tambahan lagi . kalo mau nulis O2 biar 2nya di bawah mending ketik di my documment dlu terus copas lagi ke tulisan di wordpress.
    bisa kok kaya gitu . jadi keliatan lebih keren .. serasa lebih kimia .
    Kalo hasil reaksi Xe Dan Kr apa ?
    maksudnya kalo H bisa sama O jadi H2O .. dsb .
    THX Keren sekarangmah EUy Blognya

    Naqi —> isolution3.wordpress.com

  4. aku mau nanya… proses haber bosch tu apa ya.. bisa tolong dijelaaskan. makasi

    • proses haber bosch akan kami jelaskan pada artikel selanjutnya..
      makasih..

  5. coba kalo misalnya setiap unsur dikasih gambarnya pasti lebih baik🙂
    sama reaksi2nya juga kalo bisa diperlengkap.
    kaya reaksi yang Xe sama Kr
    Kr dengan F –> KrF2
    Xe dengan F dan O –> XeF2, XeF4, XeF6 ,dan XeO3
    makasih🙂

    • makasih atas sarannya..

      • @MONICA :
        • Xenon(Xe) dan kripton (Kr)bereaksi dengan unsur yang elektronegativitasnya tinggi, karena energi ionisasinya rendah dan jari-jari atomnya lebih besar dibanding gas mulia yang lain.:
        Kr dengan F -> KrF2
        Xe dengan F dan O -> XeF2, XeF4, XeF6, dan XeO3

  6. boleh nanyatentang ikatan kimia ga? yang berhubungan sama non-logam2an tapi😀 maacihhhhhhhh. btw, materinya cuma segini?

    • boleh boleh dengan senang hati akan kami usahakan jawab..
      ini baru perkenalan materi yang akan kami jelaskan selanjutnya.

  7. bagus sekali, sangat membantu saya dalam peer kimia


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: